Minggu, 03 Januari 2010

Sekilas Info : Sejarah Bengkel Seni Charisma Art



Sejarah Bengkel Seni "Charisma Art"

Anak-anak adalah aset bangsa dimasa depan. Pendidikan anak yang tepat dan sesuai dengan tingkatan usianya bisa membuat mereka berkembang secara baik dan optimal. Salah satu bidang pendidikan yang sangat penting bagi perkembangan anak adalah pendidikan di bidang seni. Melalui pendidikan seni, daya imajinasi dan kreatifitas anak akan berkembang dengan pesat dan berdampak positif terhadap pertumbuhan sel-sel otak mereka. Kegiatan seni dapat juga secara simultan melatih berbagai aspek yaitu aspek motorik (menggerakkan tubuh), akademik (proses belajar) dan emosi (berkreasi atau berkarya). Sedangkan proses belajar akan melibatkan seluruh asfek fisiologi manusia, dan akan lebih mudah mengerti dengan diberikan fakta secara alami, atau ingatan spasial (bentuk atau gambar).

Berangkat dari pengalaman berekspresi, beraktifitas dan berkarya dibidang seni, serta ingin berbagi ilmu dan ikut berperan aktif mendidik anak-anak dibidang seni, maka pada awal Juli 1997 di kota Cimahi didirikanlah sebuah bengkel seni yang diberi nama “Charisma Art”. Kelahiran lembaga ini dibidani oleh Agus Hamdani, seorang seniman muda berbakat yang penuh prestasi dan mempunyai kepedulian terhadap masa depan anak-anak Indonesia. Pada awal berdirinya Charisma Art bermarkas di Jl. Cihanjuang No.103, Pesantren Jati, Cimahi Utara. Sekarang, markasnya telah berpindah ke Jl. Cihanjuang No.69 Rt.04/02, Cibaligo, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Sejak awal berdirinya tahun 1997 hingga sa’at ini sekarang, berbagai kegiatan rutin telah dilakukan dan Alhamdulillah selalu berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan Charisma Art diantaranya adalah pelatihan seni rupa yaitu berkreasi dengan barang-barang bekas untuk dijadikan karya seni, membuat karya seni dari tanah liat, serta pelatihan menggambar dan mewarnai yang dilakukan setiap Sabtu dan Minggu. Disamping itu, para seniman ini juga mengadakan pelatihan menggambar dan mewarnai ( in house training ) di berbagai sekolah Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan beberapa sanggar seni yang berada di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Charisma Art juga pernah mengadakan beberapa kali lomba menggambar dan mewarnai di Kota Cimahi.

Lembaga pendidikan yang menjadi mitra Charisma Art diantaranya TK IT “Darul Fikri” Cibaligo, TK “Al-Azhar” Syifa Budhi Parahyangan Cimareme, TK “Kartika X-10” Pusdik POM Cimahi, TK “Nurul Irfan” Cihanjuang, TK “Bina Nusantara” Cilame permai, SD “Anak Langit” Marga Mulya, TK “Al Arief” Cisangkan, TK “Darul Aulad” Graha Bukit Raya, SD Islam “Fitrah Insani” Tani Mulya, SD “Al Amin” Tani Mulya, Sanggar “SIP” Permata Cimahi, Sanggar “My Idea” Pondok Mutiara, Sanggar “Nita” Puri Cipageran 1, Sanggar “Cika” Kompleks Padasuka dan masih banyak lagi lainnya.

* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar